InfrastrukturKawasan

Anies Beberkan Progres Penataan Kawasan Cagar Budaya Petojo Enclek, Ada Wisata Urban Baru

Konstruksi Media – Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta Anies Baswedan memperkenalkan destinasi wisata urban terbaru yakni Petojo Enclek Walk Tour Trail di Jakarta Pusat yang tengah dibangun. Ia membeberkan progres penataan kawasan Petojo Enclek dari Instagram Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Jakarta @dinascktrpdki dan disebarluaskan melalui akun pribadi @aniesbaswedan.

Anies menjelaskan, sesuai dengan namanya, lokasi penataan kawasan tersebut berada di kawasan Pasar Legendaris di Jakarta Pusat yakni Petojo Enclek. Kata ‘Leisure’ secara harfiah memiliki makna kesenggangan. Artinya, memiliki korelasi erat terhadap kegiatan berwisata.

“Di mana waktu luang atau kesenggangan tersebut dapat diimplementasikan oleh masyarakat dalam bentuk berbagai aktifitas wisata,” tulis Anies, dikutip Jumat, 29 Oktober 2021.

Kawasan Petojo Enclek termasuk area pusat perkotaan yang telah dikeliling oleh aktivitas perkotaan yang kompleks. Namun dengan adanya arahan fungsi kawasan sebagai bagian dari pengembangan wisata akan mengubah citra kawasan yang dapat untuk dijadikan masyarakat dalam berwisata atau memanfaatkan waktu luang/leisure.

Leisure dan wisata menjadi bagian dari kebutuhan yang tumbuh seiring dengan kesibukan dari kompleksitas aktivitas perkotaan, terutama pada kota metropolitan. Makna leisure atau aktivitas wisata lingkup perkotaan mengedepankan efektifitas dan efisiensi dalam menikmati dan memberikan pengalaman yang instan terhadap masyarakat.

Adapun lingkup penataan kawasan Petojo Enclek, meliputi Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Museum Prasasti, Kantor Sudin Pusip Jakarta Pusat, Pasar Petojo Enclek, serta beberapa bangunan bersejarah lainnya yang ada di kawasan tersebut.

Sebagai informasi, dengan adanya penataan pada kawasan Petojo Enclek berpotensi menjadi jalur destinasi wisata pejalan kaki dengan menghubungkan titik-titik destinasi wisata sejarah di sekitar kawasan Petojo. Sehingga dapat meningkatkan nilai perekonomian dan budaya serta citra kawasan Petojo Enclek.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button