Event

Perhelatan IEE Series 2024, Sambut Pelaku Sektor Utama Industri Indonesia

Kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi perekonomian bangsa Indonesia sekaligus sebagai landasan dalam membangun masa depan perwujudan resiliensi dan industri yang berkelanjutan.

Konstruksi Media – Indonesia Energy & Engineering (IEE) Series 2024 kembali dibuka melalui gelaran Engineering Week yang dilaksanakan pada 11-14 September 2024 di Jakarta Internasional Expo Kemayoran.

Country Manager Pamerindo Indonesia selaku penyelenggara rangkaian IEE Series 2024, Lia Indriasari mengatakan IEE Series 2024 – Engineering Week merupakan pameran yang mempertemukan industri terbesar di Asia Tenggara, mencakup 7 sektor utama industri di Indonesia: pertambangan, minyak dan gas, konstruksi dan pengecoran beton, pengecoran logam dan industri metalurgi, serta sektor manajemen kebencanaan dan perlindungan sipil. 

“Kami mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk turut serta dalam agenda keberlanjutan ini yang kami bawa dalam tema ini Advancing Industrial Sustainability. Harapan yang besar turut dilontarkan agar kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi perekonomian bangsa Indonesia sekaligus sebagai landasan dalam membangun masa depan perwujudan resiliensi dan industri yang berkelanjutan melalui kerja sama dan inovasi dari seluruh pihak,” ujarnya JI-EXPO Kemayoran, (11/09).

Dia menambahkan, Pamerindo Indonesia berkolaborasi dengan berbagai institusi pemerintahan dan asosiasi di industri terkait untuk menghadirkan topik dan isu-isu terkini seputar industri. 

Country Manager Pamerindo Indonesia Lia Indriasari. Dok. Konstruksi Media.

Beberapa di antaranya adalah kolaborasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai co-host untuk ADEXCO, dan dukungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada pameran Construction Indonesia – Concrete Show Southeast Asia-Indonesia demi memajukan pembangunan infrastruktur dan konstruksi. 

Selain itu, beberapa asosiasi sektor utama lain yang berpartisipasi adalah ASPERMIGAS (Asosiasi Perusahaan Minyak dan Gas), ASPINDO (Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia), GAPENSI (Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia), serta asosiasi pendukung GIFA-METEC Indonesia, yaitu GAMMA (Gabungan Industri Pengerjaan Logam dan Mesin Indonesia), APLINDO (Asosiasi Industri Pengecoran Logam Indonesia), dan juga APNI (Asosiasi Penambang Nikel Indonesia). 

Bersama dengan BNPB dan berkolaborasi dengan SIAP SIAGA (program Kemitraan Australia-Indonesia untuk Manajemen Risiko Bencana) serta Sekretariat ASEAN, Pamerindo Indonesia selaku penyelenggara IEE Series 2024 – Engineering Week juga secara khusus menghadirkan platform Global Forum for Sustainable Resilience (GFSR) atau Forum Global untuk Resiliensi Berkelanjutan.

Mengusung tema “Advancing Industrial Sustainability”, pameran IEE Series 2024 – Engineering Week melakukan lompatan pembaruan dan terus berkembang dari tahun-tahun sebelumnya. 

Setelah sebelumnya membawa tema tersebut pada Energy Week, 28-31 Agustus 2024, IEE Series membuktikan komitmennya untuk terus mendorong terwujudnya keberlanjutan industri secara holistik di berbagai aspek, sesuai dengan target 17 UN SDGs. 

IEE Series 2024 – Energy Week dihadiri oleh 12,408 trade attendees dan melibatkan 650 perusahaan peserta dari total 30 negara, menunjukkan kolaborasi internasional demi menunjang target energi berkelanjutan. 

“Dukungan pada sektor pendidikan dan pemberdayaan generasi muda pun telah sukses ditunjukkan pada Energy Week melalui keterlibatan 10 institusi pendidikan tinggi pada program Student Visit dan juga pemberian penghargaan untuk 5 start-up generasi muda pada sesi Innovator Network (SHARE-PIE),” katanya.

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button