Infrastruktur

Trans Jabar Tol Kebut Pengerjaan Tol Bocimi Seksi-3, Fungsional di Lebaran 2025

Beroperasinya Seksi-3 Tol Bocimi waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi menjadi 2 jam.

Konstruksi Media – Proyek jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) Seksi-3 terus digenjot, PT Trans Jabar Tol (TJT) selaku perusahaan pengelola ruas tol menargetkan ruas tersebut dapat beroperasi fungsional pada lebaran tahun 2025 mendatang.

Direktur Utama TJT, Abdul Hakim Supriyadi mengatakan bahwa saat ini progress land clearing telah mencapai 61% dan progress pekerjaan akses jalan kerja di seksi 3 sebesar 82%. 

Dijelaskan olehnya, Seksi-3 proyek jalan tol Bocimi ini menyambungkan Parungkuda menuju Sukabumi Barat sepanjang 13,90 Km. 

“Selain itu juga tidak ada permasalahan terkait pembebasan lahan yang saat ini telah mencapai 89,4% dari total tanah yang dibutuhkan dengan target 100% pada bulan Maret 2025,” ujar Hakim, dalam keterangannya yang diterima Konstruksi Media, (31/07).

Bersama kontraktor, kata dia, PT Trans Jabar Tol secara pararel juga melakukan tahap persiapan dan pemadatan tanah, pembangunan jembatan serta perlintasan sebidang. 

“Diupayakan agar seksi 3 ini dapat dilintasi fungsional secara parsial hingga ke Karang Tengah, Kecamatan Cibadak pada arus mudik lebaran tahun 2025. Adapun pengoperasian penuh ditargetkan pada triwulan ke-3 tahun 2026,” imbuhnya.

Menurut dia, Seksi 3 ini diharapkan akan menjadi jalur alternatif logistik dari dan ke Sukabumi, mengurangi kepadatan di jalan nasional, mempersingkat waktu tempuh menuju Sukabumi yang saat ini biasa ditempuh 7 jam dapat dipangkas menjadi hanya 2 jam saja, meningkatkan akses menuju sejumlah destinasi wisata, serta meningkatkan daya saing kota dan kabupaten Sukabumi yang berujung pada pertumbuhan ekonomi yang akan dirasakan oleh masyarakat luas. 

“Dengan beroperasinya waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi yang bisa mencapai 7 jam dapat dipangkas menjadi hanya 2 jam saja,” ucap Hakim.

Lebih jauh, dia mengungkapkan, nantinya di Seksi 3 ini akan dilengkapi 2 buah rest area TIP A untuk menunjang pelayanan bagi para pengendara. Dari exit tol seksi 3 di daerah Cibolang hanya membutuhkan waktu 20 menit menuju kawasan wisata Situ Gunung serta 20 menit ke pusat Kota Sukabumi.

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button