PROPERTY

ITS Gandeng WIKA Bangun Gedung Kampus Tower 2

Selain pembangunan Tower 2 ITS, dicanangkan pula pembangunan Tower 3 ITS dan Pusat Bahasa.

Konstruksi Media – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjalin kerja sama dengan PT Wijaya Karya (WIKA) membangun gedung Tower 2 guna memenuhi kebutuhan fasilitas pembelajaran. Mengawali proses pembangunan, ITS melakukan seremoni groundbreaking atau peletakan batu pertama gedung Tower 2 di area Departemen Teknik Elektro ITS, Rabu (27/4/2022).

Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng mengatakan, pembangunan gedung Tower 2 ITS dilatarbelakangi lantaran peningkatan jumlah mahasiswa ITS dari tahun ke tahun. Saat ini, kata dia, jumlah mahasiswa ITS mengalami peningkatan.

ITS Gandeng WIKA Bangun Gedung Tower 2. Foto: Dokumentasi Humas ITS

“Sebelumnya 20 ribu menjadi 25 ribu dan akan terus mengalami peningkatan ke depannya,” kata rektor yang kerap disapa Ashari itu.

Ia mengatakan, beberapa tahun terakhir ITS telah membuka sejumlah program studi (prodi) baru. Dengan adanya Tower 2, kata Ashari, sivitas akademika ITS akan merasa lebih nyaman sehingga kualitas pembelajaran dapat meningkat.

Seperti yang diketahui, ITS telah membangun Tower 1 ITS yang dikenal juga sebagai MIPA Tower sejak 2012 dan memiliki 11 lantai. Pada tahun ini, setelah sempat tertunda dua tahun dikarenakan pandemi Covid-19, ITS terus gencar untuk melakukan pembangunan infrastruktur dalam kampus.

Baca juga: Nindya Karya Revitalisasi Hotel dan Convention Center di Bali

“Selain pembangunan Tower 2 ITS, dicanangkan pula pembangunan Tower 3 ITS dan Pusat Bahasa,” ucap Guru Besar Teknik Elektro itu.

Untuk informasi, Gedung Tower 2 ITS akan dibangun selama 11 bulan ke depan. Lantai 1 akan difungsikan sebagai lobi pintu masuk dan ruang pamer. Kemudian, pada lantai 2 akan diisi dengan student service serta auditorium. Laboratorium pembelajaran akan mengisi lantai 3 dan 9, sedang pada lantai 4 hingga 8 akan difungsikan sebagai ruang kelas untuk beberapa departemen.

Tidak hanya menyediakan fasilitas untuk para mahasiswa, lantai 10 dari gedung Tower 2 ITS ini diperuntukkan ruang dosen. Terakhir, lantai teratas akan difungsikan sebagai ruang serbaguna yang berkapasitas 160 orang. Pada gedung Tower 2 ITS ini juga dilengkapi dengan Building Automation System (BAS) dan Solar Panel sehingga dapat menghemat energi dan biaya pemeliharaan.

Baca artikel selanjutnya:

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button