Infrastruktur

Forum QHSE BUMN Konstruksi Support IKN

Proyek pembangunan IKN yang akan menelan anggaran sebesar Rp466,9 triliun  merupakan pekerjaan berisiko tinggi (high risk).

Konstruksi Media – Pembangunan Ibu Kota Negara baru Nusantara (IKN) akan segera dimulai. UU No 3 tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara sudah diundangkan pada 15 Februari 2022, yang akan segera disusul dengan aneka regulasi turunannya.

Presiden Jokowi pun sudah menunjuk Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe untuk memimpin IKN. Dan sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimulyono sudah menyatakan bahwa pembangunan IKN akan dimulai pada pertengahan 2022.

Dalam perspektif keselamatan, proyek pembangunan IKN yang akan menelan anggaran sebesar Rp466,9 triliun  merupakan pekerjaan berisiko tinggi (high risk). Sebab di IKN nantinya akan ada banyak infrastruktur yang dibangun. Mulai dari istana negara, gedung-gedung kantor kementerian, hingga danau.

 

Ketum Forum QHSE BUMN Konstruksi Subkhan

Menanggapi hal ini, Ketua Umum (Ketum) Forum QHSE BUMN Konstruksi yang baru dilantik, Subkhan, mengatakan bahwa pihaknya mendukung (support) sepenuhnya megaproyek IKN.

Hal ini disampaikan Subkhan pada acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Forum QHSE BUMN Konstruksi yang diselenggarakan secara virtual, Jumat (11/3/2022).

Menurut Subkhan yang dihubungi usai acara, Forum QHSE BUMN Konstruksi merupakan sebuah wadah para tenaga QHSE di 15 BUMN Karya plus dua non BUMN Karya.

“Mereka sudah expert di bidang QHSE dan sebagian di antaranya memang terlibat dan dilibatkan dalam megaproyek IKN,” kata Subkhan.

Forum QHSE, katanya, akan mengawal seluruh proses pekerjaan IKN agar tercipta nihil kecelakaan (zero accident) dan keterjagaan kelestarian lingkungan serta kualitas produk yang terjamin kehandalannya. (Hasanuddin)

 

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button