Properti

Respon BP Tapera Audiensi dengan APERSI, Sepanjang 2024 Sudah Salurkan 151.902 Kredit Rumah

BP Tapera berkomitmen akan terus menyalurkan kredit kepemilikan rumah bagi masyarakat MBR.

Konstruksi Media — Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera) menyatakan pihaknya sangat memahami keresahan dan kebutuhan atas kepastian pencairan tambahan kuota Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) sebanyak 34.000 unit rumah.

Hal tersebut dikatakan oleh Komisioner BP Tapera, Heru Pudyo Nugroho menjawab audiensi yang dilakukan oleh Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, BP Tapera sebagai Operator Investasi Pemerintah (OIP) yang diberi amanah oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia dalam pengelolaan FLPP, masih menunggu revisi dokumen anggaran (DIPA) untuk alokasi penambahan kuota FLPP 2024 yang saat ini sedang berproses di Kementerian terkait.  

“Selaku entitas yang ditugaskan sebagai Operator Investasi Pemerintah tersebut BP Tapera terus proaktif mendukung penyelesaian revisi DIPA tambahan alokasi FLPP 2024 yang dimaksud,” ungkap Heru, (27/09).

Dijelaskan olehnya, BP Tapera selaku OIP, pada tahun 2024 akan menyalurkan dana FLPP sebesar Rp21,69 triliun yang berasal dari DIPA tahun 2024 sebesar Rp13,72 triliun, pengembalian pokok Rp7,32 triliun (total pengembalian pokok tahun 2024) dan dana saldo awal tahun 2024 sebesar Rp655,20 miliar dengan total bank penyalur sebanyak 33 bank yang terdiri dari 17 bank konvensional dan 16 bank syariah.

Sebagai informasi, terhitung tanggal 26 September 2024, BP Tapera telah menyalurkan pembiayaan perumahan melalui FLPP untuk masyarakat umum sebanyak 151.902 unit rumah senilai Rp18,56 triliun 

“Sampai dengan saat ini, dana DIPA telah terserap 100%, sedangkan pengembalian pokok yang diterima setiap bulannya disalurkan kembali ke masyarakat melalui bank penyalur, sehingga perlu kami sampaikan bahwa sebagai OIP, BP Tapera akan terus menggulirkan dana yang diterima kepada masyarakat kembali,” terang Heru.

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button