EQUIPMENTTeknologi

ITS dan Pansonic Kerjasama Riset Teknologi 5G

Kegiatan ini dilakukan meneruskan program kolaborasi berkelanjutan antara ITS dengan Panasonic.

Konstruksi Media – Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam bidang industri dengan memajukan teknologi, riset dan inovasi terbarukan, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sepakat melakukan kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacturing Indonesia.

Kerjasama itu ditandatangani oleh Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian, Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD dan Wakil Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacture Indonesia Heru Santoso.

Wakil Rektor IV ITS Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama, dan Kealumnian, Bambang Pramujati ST MSc Eng PhD mengungkapkan kerjasama ini sekaligus memperpanjang kolaborasi ITS dengan Panasonic yang sudah terjalain cukup lama.

Pasalnya, ITS berhasil menjajaki salah satu pengembangan inovasi produk special lighting dan automasi produksi LED bulb in house.

Selain itu, kata Bambang, Panasonic juga memberikan sampel produk pencahayaan dengan smart meter dengan tujuan industri 4.0 menuju ekosistem berteknologi 5G dan water purifier. Inovasi ini dibuat berdasarkan permintaan ITS pada diskusi sebelumnya dengan konsep pemasangan lampu di seluruh Surabaya dengan night landscaping.

“Lampu jalan di Surabaya akan dipasangkan lampu dari Panasonic dan difasilitasi oleh fitur 5G,” ungkap bambang yang juga dosen Departemen Teknik Mesin ITS.

Ia menambahkan, penjajakan kali ini didasarkan pada klaster-klaster pengembangan inovasi di kedua belah pihak. Dapat diketahui bahwa terdapat empat klaster di ITS yang bekerja sama dengan Panasonic, yakni klaster Information and Communication Technology (ICT) Robotics, klaster Maritim, klaster Otomotif, dan klaster Desain Kreatif.

Baca Juga : Lima Mahasiswa ITS Ciptakan Rompi Detektor Serangan Jantung

“Kegiatan MoU ini dilakukan agar dapat meneruskan program kolaborasi berkelanjutan antara klaster-klaster ITS tersebut dengan Panasonic,” papar Bambang.

Wakil Presdir PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacture Indonesia Heru Santoso (kiri) dan Wakil Rektor IV ITS Bambang Pramujati ST MScEng PhD (kanan). Dok. Ist

Sementara itu, secara bersamaan Wakil Presiden Direktur PT Panasonic Gobel Life Solutions Manufacture Indonesia Heru Santoso mengungkapkan, ITS selalu mengedepankan perkembangannya, khususnya dalam bidang inovasi dan riset.

“Besar harapan kami, kerja sama ini bisa dilakukan bersama ITS secara berkelanjutan,” terang Heru.

Ia menjelaskan Panasonic bisa membantu ITS dalam pengembangan produk hasil penelitian menjadi produk yang siap diproduksi massal oleh industri, seperti sepeda motor listrik Gesits. Selain itu, katanya mahasiswa ITS dapat mendukung dalam mewujudkan program-program kecil yang dimiliki oleh Panasonic.

Kerjasama kali kedua pihak sepakat mahasiswa ITS dapat melakukan magang di Panasonic agar bisa mewujudkan program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI dan juga pengembangan riset dan inovasi yang mendalam.

“Diharapkan juga segala riset dan pengembangan teknologi dapat dibantu dan diiringi oleh ITS. Semoga kerja sama ini dapat terwujudkan dan tetap terjalin dengan baik,” tandas Heru.

Baca Artikel Selanjutnya :

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button