INFOKorporasi

Adhi Commuter Properti Gandeng China Railway Kerjakan 5 Proyek TOD

Konstruksi Media – Anak usaha PT Adhi Karya Tbk yakni PT Adhi Commuter Properti (ADCP) menggandeng China Railway 20 Bureau Grup Corporation (CR20G) guna mendukung penyelesaian sejumlah proyek huniannya yang berkonsep Transit Oriented Development (TOD). Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Undestanding (MoU) antara Direktur Utama ADCP Rizkan Firman dengan Business Manager CR20G Yang Jin long sebawai perwakilan negara.

Rizkan mengatakan, CR20G akan menjadi partner pengembangan lahan di lima proyek TOD, seperti LRT City Tebet, LRT City Cikunir, LRT City Bekasi-Green Avenue, Adhi City Sentul, dan LRT City Cibubur.

“Kerja sama ini menjadi salah satu upaya kami untuk membuktikan penyelesaian proyek sesuai target dan tepat waktu,” kata Rizkan dalam keterangan tertulis, Kamis, 14 Oktober 2021.

Penandatanganan MoU tersebut sebagai dasar untuk melaksanakan seluruh kegiatan dan tahap persiapan yang diperlukan. Kemudian, menentukan skema serta menandatangani kerja sama yang lebih definitif.

Kini, ACDP memang tengah mengembangkan proyek hunian berkonsep TOD yang mengincar kalangan milenial. Setidaknya terdapat 11 proyek hunian TOD yang sedang berjalan.

Tujuh di antaranya berada di Jabodetabek, seperti LRT City Bekasi – Eastern Green, LRT City Bekasi – Green Avenue, LRT City Jatibening, LRT City MTH, LRT City Tebet, dan LRT City Ciracas. Selain itu, LRT City Cibubur, LRT City Sentul, Adhi City Sentul, Grand Central Bogor – Member of LRT City, Cisauk Point – Member of LRT City, Oase Park – Member of LRT City.

ADCP, kata Rizkan, mendapatkan keuntungan dari pembukaan komersial penuh LRT Jabodetabek yang rencananya akan dibuka pada Juni 2022 mendatang. Jalur LRT tersebut yakni Cibubur-Cawang, Cawang-Dukuh Atas, Cawang-Bekasi Timur.

Konsep hunian TOD sendiri dinilai menguntungkan terkait strategi perencanaan dan desain perkotaan yang terpadu. Secara umum, TOD adalah pengembangan properti pusat perbelanjaan, perkantoran, perumahan, hotel yang langsung terkoneksi.

Sehingga, jarak antarlokasi bisa ditempuh dengan berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan stasiun transportasi publik massal, seperti kereta api, LRT, dan MRT. Dengan konsep tersebut, kata Rizkan, pihaknya optimis properti yang tengah dikembangkan bisa mendatangkan banyak peminat.

Sebagai informasi, CR20G merupakan perusahaan jasa konstruksi infrastruktur, konsultan teknik dan desain, real estate, jasa investasi, manufaktur, dan peralatan. Proyek yang digarap meliputi kereta api, jalan raya, jembatan, terowongan, stasiun kereta bawah tanah, dan jalan raya.

Dalam proses penandatanganan MoU antara ADCP dan CR20G, turut hadir Marketing Manager Overseas Operations CR20G Joe Xu, Wahyu Soetomo dari PT Multi Agung selaku perwakian dari CR20G, dan Anton Mulia dari PT Lotus Investasi Management.

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button