Jalan

Terintegrasi dengan JORR 2, Konstruksi Tol Cibitung-Cilincing Sudah 86 Persen

Konstruksi Media – Wakil Direktur Utama IPC Hambra mengungkapkan, pembangunan konstruksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing sudah mencapai 86,31 persen.

Proyek tol yang terintegrasi dengan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 (JORR 2) ini memiliki panjang hingg 34,8 kilometer.

“Hingga saat ini dan pembebasan lahannya 94,65 persen,” ujar Hambra pada akun Instagram @’ipcportdeveloper, dikutip Rabu (22/9/2021).

Dalam unggahan di Instagram itu, Hambra meninjau lokasi proyek untuk memastikan pembangunan proyek tol itu berjalan dengan baik.

Menurut mantan Deputi Bidang Infrastruktur Bisnis Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini, jalan tol Cibitung-Cilincing itu akan menghubungkan kawasan industri Cikarang menuju pelabuhan dan dermaga-dermaga di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

“Ini merupakan salah satu proyek strategis PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Indonesia Port Corporation (IPC) dengan penugasan ke PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI) untuk menjalankan pembangunan proyek jalan tol tersebut,” ungkapnya.

JTCC merupakan bagian dari pembangunan Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 (JORR 2) dengan empat ruas simpang susun (interchange) yaitu Cibitung – Telaga Asih (3,14 Km), Telaga Asih – Tambelang (10,30 Km), Tambelang – Tarumajaya (14,3 Km) dan Tarumajaya – Cilincing (7,10 Km).

Jalan tol sepanjang lebih kurang 34,8 kilometer itu sebagian besar berada di wilayah Bekasi (80 persen) dan sekitar 20 persen lainnya berada di wilayah Jakarta Utara.

Jalan tol itu dibuat dengan perhitungan elevasi seakurat mungkin untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna jalan.

“Apalagi, nantinya sebagian besar pengguna jalan adalah truk kontainer dan angkutan barang yang memiliki bobot dan ukuran relatif besar,” ucapnya.

Dia berharap, keberadaan akses tol ini diharapkan mampu membantu menekan biaya logistik dan mengurangi beban trafik sekitar ruas Tol Jakarta-Cikampek.***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button