Jalan

TMMD ke 112, TNI Lanjutkan Pengerjaan Jalan Jenderal Sudirman di Kediri

Konstruksi Media – Komandan Kodim/0809 Kediri Letkol Inf Rully Suryawan mengatakan, kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) kembali digelar di wilayah Kediri, yakni TMMD ke-112 tahun 2021.

Meski sempat vakum akibat pandemi Covid-19, kegiatan saat ini dipusatkan di Pegunungan Wilis, Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Kegiatan yang mengambil tema ‘Wujud Sinergi Membangun Negeri’ juga diisi dengan pengaspalan jalan bersejarah.

“Jalan yang dibangun ini bagian dari rute gerilya Jenderal Sudirman, yakni Desa Kalipang, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri hingga ke Bajulan Kabupaten Nganjuk,” ujar Rully dikutip di Jakarta, Kamis (16/9/2021).

TMMD ke-112 dilaksanakan selama 30 hari mulai 15 September hingga 14 Oktober 2021. Kegiatan dibuka Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana diwakili Sekda Kabupaten Kediri Dede Sujana di GOR SMAN 1 Grogol, Kabupaten Kediri, Rabu (15/9).

Sebelum dibuka resmi, pra-TMMD ke-112 telah dilaksanakan dan berakhir pada 14 September 2021.

“Jalan antara wilayah Desa Kalipang Grogol dengan wilayah Bajulan Kabupaten Nganjuk yang diaspal sepanjang 3,7 kilometer. Anggaran pengaspalan merupakan bantuan dari Pemkab Kediri senilai Rp1,5 miliar,” katanya.

Rully menambahkan, selain mengenang jejak sejarah perjuangan bangsa, pengaspalan jalan sangat membantu masyarakat. Jalan yang sebelumnya jalur makadam dari Kalipang hingga ke Bajulan biasanya ditempuh satu setengah jam perjalanan. Setelah diaspal, perjalanan itu hanya membutuhkan waktu 15 menit.

“Sasaran tambahan dalam TMMD ini berupa rehab posyandu, PAUD, musala dan pura . Sasaran lainnya, nonfisik, berupa penyuluhan dari beberapa SKPD Pemkab Kediri,” ungkapnya.

Selain itu, kata Rully, pihaknya menggelar vaksinasi untuk meningkatkan herd immunity warga di wilayah lereng Gunung Wilis.

“Anggota dilibatkan dari Kodim 0809, Marinir satu SST, Kostrad satu SST, Satu SST dari Brigade, Satpol PP dan Polri, dan yang tak kalah penting adalah peran serta masyarakat sekitar,” pungkasnya.***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button