News

Unpad Kembali Raih Prestasi di Ajang NUDC dan KDMI

Konstruksi Media – Delegasi Universitas Padjadjaran berhasil meraih prestasi di dua ajang nasional, yaitu National University Debate Championship (NUDC) dan Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI).

Adalah Teja Kurniawan, mahasiswa FISIP yang mendapatkan medali perak atas raihannya masuk peringkat ke-9 dari 232 peserta dengan perolehan poin 79,83 pada ajang NUDC yang digelar secara virtual, 24 – 30 Agustus lalu.

Delegasi Unpad di NUDC lainnya, Haelvyn Pratagahana Putra (FISIP) menempati urutan ke-17 dari 232 peserta. Sementara pada ajang KDMI yang juga digelar secara virtual pada 30 Agustus – 5 September lalu, delegasi Unpad, Lasman (FH) berhasil meraih medali perunggu dan masuk sebagai 15 besar pembicara terbaik. Delegasi lainnya, Gigih Al-Fath Didi (FISIP) menempati urutan ke-22.

Teja mengatakan, ajang NUDC sendiri terdiri dari 2 babak utama, yaitu pra-eliminasi dan eliminasi. Pada babak pra-eliminasi, semua peserta berhak mengikuti enam rode kompetisi. Pada babak ini, setiap peserta berusaha mengumpulkan poin agar mencapai victory point yang tinggi.

“Dalam satu ronde, sebuah tim bisa mendapatkan poin dari 0 sampai 3. Nanti, poin tersebut diakumulasikan di akhir. Akumulasi hasil poin delegasi Unpad sebanyak 12 poin, secara keseluruhan Unpad berada di urutan 13,” kata Teja dikutip pada Kamis (9/9/2021).

Teja menjelaskan, salah satu tantangan yang dihadapi adalah kemampuan untuk menguasai topik yang didebatkan. Kompetisi NUDC sendiri memiliki mosi yang beraga, mulai dari filsafat, hubungan internasional, agama hingga pengasuhan anak. Menurut Teja, mosi pengasuhan anak dinilai paling sulit pada kompetisi tersebut.

“Delegasi sudah banyak melakukan persiapan. Delegasi sendiri sudah rutin mengikuti kompetisi debat dan banyak membahas beragam tipe mosi. Selain itu, mengumpulkan informasi dari berita-berita terbaru juga dilakukan sebagai bentuk persiapan,” katanya.

Diketahui, delegasi Unpad di NUDC lainnya, Haelvyn Pratagahana Putra (FISIP) menempati urutan ke-17 dari 232 peserta. Sementara pada ajang KDMI yang juga digelar secara virtual pada 30 Agustus – 5 September lalu, delegasi Unpad, Lasman (FH) berhasil meraih medali perunggu dan masuk sebagai 15 besar pembicara terbaik. Delegasi lainnya, Gigih Al-Fath Didi (FISIP) menempati urutan ke-22.

Ajang NUDC dan KDMI sendiri merupakan kompetisi tahunan yang digelar Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek RI. NUDC sendiri merupakan kompetisi debat berbahasa Inggris, sedangkan KDMI merupakan kompetisi debat berbahasa Indonesia.***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button