Jalan

Bakal Operasikan Tol Serang-Panimbang, Astra Infra Solutions Segera Lakukan Uji Laik

Konstruksi Media – PT Wijaya Karya Serang Panimbang akan segera mengoperasikan jalan tol Serang-Panimbang. Untuk mendukung target pengoperasian, Astra Infra Solutions atau AIS dipercaya sebagai pihak pengoperasi dan pemeliharaan Jalan Tol Serang-Panimbang.

“Saat ini, AIS sedang mempersiapkan operasional termasuk uji laik fungsi,” ujar Chief Executive AIS Ega N Boga dalam keterangan tertulis yang diterima belum lama ini.

Sebelumnya, AIS berhasil mengoperasikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 ruas Serang-Rangkas Bitung.

Pihaknya mengaku akan mengintegrasikan sistem antara Astra Infra Toll Road Tangerang-Merak dengan PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP).

“Kami akan mendukung proses integrasi ini agar berjalan lancar dan tepat waktu. Kami juga berharap persiapan yang dilakukan dapat memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggan,” katanya.

AIS adalah perusahaan yang menyediakan keunggulan layanan menyeluruh dalam bidang operasional, pemeliharaan, konsultasi dan solusi bisnis lainnya yang menunjang kegiatan pengoperasian infrastruktur jalan tol.

Pada Maret 2021, AIS telah memenangkan tender pengoperasian dan pemeliharaan Tol Serang-Panimbang Seksi I Serang-Rangkas Bitung sepanjang 26,50 kilometer.

Sebagai pihak yang telah mendapatkan kepercayaan, AIS senantiasa berkoordinasi dan bekerja berdasarkan komitmen WSP kepada pemerintah.

Berdasarkan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT), PT Wijaya Karya Serang Panimbang (WSP) dipercaya untuk membangun Jalan Tol Serang-Panimbang yang melintasi kabupaten/kota, yaitu Kota Serang, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Pandeglang.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa dengan dibangunnya Jalan Tol Serang-Panimbang, maka kelak keberadaannya dapat meningkatkan akselerasi pengembangan destinasi wisata di kawasan Banten.

Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang dikerjakan melalui skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang terdiri atas tiga seksi yaitu Seksi 1 sepanjang 26,5 km menghubungkan Serang-Rangkasbitung, Seksi 2 sepanjang 24,17 km menghubungkan ruas Rangkasbitung-Cileles, dan Seksi 3 sepanjang 33 km yang menghubungkan Cileles-Panimbang. Untuk Seksi 1 dan 2 menjadi porsi BUJT WSP dan seksi 3 menjadi porsi pemerintah.

Untuk Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1, saat ini progres konstruksinya mencapai 96,63 persen dan kemungkinan akan segera dioperasikan.

Sedangkan untuk Seksi 2 dan 3 masih dalam tahap pembebasan lahan dengan progres Seksi 2 mencapai 75 persen dan Seksi 3 sebesar 64,21 persen. Seksi 2 dan 3 ditargetkan selesai konstruksi pada Agustus 2023.***

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button