Arsitektur & DesignNews

IAI Jakarta Awards 2024 Kembali Hadir, Beri Penghargaan Arsitek dan Karyanya

Perubahan status dari daerah khusus ibukota menjadi daerah khusus Jakarta persiapan menuju kota global, salah satu strateginya yakni  menjadikan kota Jakarta berorientasi transport.

Konstruksi Media – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Jakarta akan menyelenggarakan IAI Jakarta Award 2024, yang mana kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi dan edukasi kepada profesi arsitek, masyarakat, serta institusi atas hasil karya arsitektur yang mampu meningkatkan jalinan hubungan kerjasama antara organisasi keprofesian IAI Jakarta dengan masyarakat secara luas, meningkatkan pelestarian lingkungan, serta memperbaiki kualitas hidup penduduk di DKI Jakarta

“IAI Jakarta Awards merupakan apresiasi tertinggi dari organisasi ini, dari karya arsitektur dan arsitekturnya, pemikiran dan karyanya. diharapkan bahwa nilai-nilai luhur yang dibawa (dalam desain) menceritakan isu spesifik seusia dengan jamannya,” ungkap Ar. Doti Windajani, IAI. AA., Ketua IAI Jakarta periode 2021-2024, dikutip dari Instagram miliknya, (28/10/2024).

Dijelaskan olehnya, IAI Jakarta Awards 2024 bukan hanya sebuah perayaan keberhasilan, namun momentum untuk merayakan, dedikasi, inovasi, dan visi yang telah membentuk arsitektur modern.

“Melalui penghargaan ini kami menghormati pencapaian luar biasa dan upaya kolaboratif yang telah memperkaya pandangan kita tentang ruang, struktur dan lingkungan binaan,” jelas Doti.

IAI Jakarta Awards 2024. DOk. IG IAI Jakarta

Mewakili IAI Jakarta, dirinya mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah berkontribusi dalam acara ini, panitia acara, juri, dan tentu saja kepada semua peserta yang ikut berpartisipasi.

Dirinya mengatakan, kolaborasi yang terjalin dengan masyarakat, Pemprov DKI dan kelembagaan di DKI Jakarta berjalan sangat baik di tiga tahun belakangan ini. “Saya merasa Pemprov DKI Jakarta, atau sekarang Daerah Khusus Jakarta selalu melibatkan IAI Jakarta dalam setiap FDG pembangunan, dan ini merupakan penghargaan yang kami apresiasi, respon masyarakat sangat baik, terutama dua penghargaan yang kami sampaikan melalui Jakarta Lestari dan Jakarta Architecture Festival tahun 2023,” imbuhnya.

Doti Kembali menjelaskan, setiap penyelenggaraan penghargaan IAI Jakarta Awards memiliki konteks masing-masing sesuai nilai-nilai yang berkembang.

Ia menambahkan, tahun 2024 perubahan status Jakarta sebagai pusat ekonomi nasional, fokus persiapan Jakarta diarahkan menjadi kota global. “Salah satu cara untuk meningkatkan competitiveness-nya adalah strategi menjadikan kota Jakarta berorientasi transport,” papar dia.

Menurutnya, perlu inovasi dari arsitek Jakarta dalam mengembangkan kemajuan pembangunan infrastruktur dengan kearifan lokal, serta isu sustainability meletakan aspek manusia people oriented design di dalam karya-karyanya.

Adapun beragam kategori penghargaan telah ditetapkan untuk berbagai karya, baik dari profesi Arsitek ataupun bidang profesi masyarakat lainnya, sebagi berikut :

-Karya Tulis Arsitektur

-Bangunan Hunian Pribadi

-Bangunan Hunian Publik

-Bangunan Komersial

-Bangunan Publik

-Bangunan Cagar Budaya

-Life Time Achievement

Di mana pada 15 November 2024 mendatanagn akan diumumkan pemenang dan penerima penghargaan IAI Jakarta Awards 2024.

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button