News

Menteri BKPM Sebut Realisasi Investasi 10 Tahun Pemerintahan Jokowi Capai Rp 9.000 T

Dengan capaian investasi tersebut juga menyerap tenaga kerja sebanyak 13.836.775 orang. 

Konstruksi Media — Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyebutkan capaian investasi 10 tahun pemerintahan Presiden Jokowi, realisasi investasi mencapai Rp9.117,4 triliun.

Tak hanya itu, dengan capaian tersebut juga menyerap tenaga kerja sebanyak 13.836.775 orang, hal tersebut dikatakan oleh Menteri Investasi/ Kepala BKPM Rosan Roeslani dalam konferensi persnya.

Rosan mengungkapkan bahwa angka ini melebihi target Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Investasi/BKPM sejak 2021, menunjukkan keberhasilan kebijakan yang dijalankan dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif.

“Dalam 10 tahun terakhir, kestabilan ekonomi dan politik telah meningkatkan kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Investasi adalah komitmen jangka panjang, sehingga kestabilan sangat penting,” ujarnya, sebagaimana diberitakan, (18/10/2024).

Dirinya menambahkan, sektor manufaktur juga terus menjadi pilar penting dalam pertumbuhan ekonomi. “Selama satu dekade terakhir, sektor ini mengalami perkembangan signifikan. Ini menunjukkan peran strategis manufaktur sebagai motor penggerak ekonomi nasional,” imbuhnya.

Rosan melanjutkan, ke depan, fokus akan terus diarahkan untuk menguatkan sektor investasi agar kontribusinya terhadap investasi dan penciptaan lapangan kerja semakin besar.

“Pertumbuhan manufaktur mencapai 15,5% selama 10 tahun terakhir. Sektor ini memiliki pertumbuhan yang cukup tinggi dan perlu terus didorong ke depan,” beber Rosan.

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button