News

Basuki Sertijab Menteri PU dan Menteri PKP Periode 2024-2029

Serah terima jabatan posisi Menteri ini semakin memperkuat sistem dan tata kelola di Kementerian PU dan Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman.

Konstruksi Media — Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melaksanakan serah terima jabatan menteri di kantor Kementerian PUPR Jakarta.

Sebelumnya Kementerian PUPR satu kementerian, kini menjadi dua kementerian yakni Kementerian Pekerjaan Umum (Kemen PU), dan Kementerian Perumahan dan Kawasan Permukiman (Kementerian PKP).

Menteri Pekerjaan Umum 2024-2029 kini dijabat oleh Dody Hanggodo dan Wakil Menteri PU Diana Kusumastuti. 

Sementara Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) 2024-2029 dijabat oleh Maruarar Sirait (Ara), dan Wakil Menteri PKP Fachri Hamzah.

Menteri PUPR 2014 – 2024 Basuki Hadimuljono. Dok. Ist

Dalam kesempatan tersebut, Menteri PUPR 2014 – 2024 Basuki Hadimuljono secara resmi menyerahkan jabatan kepada Menteri PU Dody Hanggodo dan Menteri PKP Maruarar Sirait, Senin malam (21/10/2024). 

Basuki optimis kedua Menteri tersebut dapat meneruskan pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas dalam Kabinet Merah Putih, khususnya terkait dengan ketahanan pangan, ketahanan energi, penyediaan perumahan, dan pembangunan sekolah serta pasar. 

“Saya sangat yakin, Bapak Menteri dan Ibu Wamen dapat melanjutkan berbagai upaya pembangunan infrastruktur dan perumahan yang telah berjalan, namun masih dipenuhi banyak tantangan ke depannya,” ujar Basuki.

Basuki berpesan khusus untuk ke depan Kementerian PU dan Kementerian PKP dapat terus memperkuat sistem yang telah dikembangkan Kementerian PUPR, sehingga bisa benar-benar menciptakan Pemerintahan yang lebih profesional, transparan, dan akuntabel. 

“Semoga seluruh sumber daya yang telah dimiliki dan dikembangkan Kementerian PUPR dapat dimaksimalkan untuk mendukung kedua kementerian menjadi sama-sama kuatnya untuk berjalan bersama sehingga tercipta sistem kerja yang efektif dan efisien untuk mencapai target-target yang lebih tinggi untuk dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi rakyat Indonesia,” tuturnya.

Menteri Pekerjaan Umum periode 2024-2029 Dody Hanggodo. Dok. Ist

Dia mengungkapkan bahwa sejak 2014, Kementerian PUPR mendapatkan amanah langsung dari Presiden Jokowi untuk terus memperbaiki tata kelola organisasi melalui pembangunan sistem, baik sistem pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), sistem program dan monitoring proyek, serta sistem Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ).

Mendengar hal tersebut, Menteri PU 2024-2029 Dody Hanggodo menyatakan komitmennya penuh untuk terus melanjutkan berbagai program pembangunan infrastruktur yang telah memberikan manfaat nyata bagi rakyat Indonesia.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Menteri Basuki, insyaAllah akan terus kami jaga sistem yang sudah berjalan baik, sekaligus terus berinovasi untuk mengembangkannya untuk bisa memberikan yang terbaik bagi negara,” kata Dody.

Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman 2024-2029 Maruarar Sirait. Dok. Ist

Sementara, Menteri PKP Maruarar Sirait mengatakan, dalam 10 tahun terakhir Pemerintahan Presiden Joko Widodo, infrastruktur dan perumahan merupakan salah satu keberhasilan Pemerintahan Kabinet Kerja dan Kabinet Indonesia Maju. 

“Mohon kami dibantu dan diingatkan sebagai junior, karena Pak Basuki masih sangat produktif dan cemerlang,” tutur Maruarar.

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button