NewsPROPERTY

Dilantik Jadi Menteri Perumahan, Maruarar Sirait: Kerjakan Gotong Royong

Melihat masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki rumah, Kementerian Perumahan akan bergotong-royong bersama stakeholder membangun 3 juta rumah.

Konstruksi Media — Presiden Prabowo Subianto telah melantik seluruh menteri dalam Kabinet Merah Putih. Salah satunya yakni Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman yakni Maruarar Sirait.

Maruarar Sirait alias Ara resmi dilantik menjadi Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman oleh Presiden Prabowo Subianto dan didampingi oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka di Istana Negara, Jakarta, (21/10).

Usai pelantikan, ia mengungkapkan bahwa akan menjalankan tugasnya sebagai Menteri Perumahan dengan bergotong royong merealisasikan program 3 juta rumah sebagaimana yang telah dicanangkan Prabowo-Gibran saat masa kampanye.

Menurut dia, hunian layak masih menjadi persoalan yang cukup serius di Indonesia, untuk itu, Kementerian Perumahan akan bergerak cepat menyelesaikan kebutuhan rumah bagi masyarakat.

Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman Maruarar Sirait. Dok. Yt Setpres

Dia mengatakan, masih banyak masyarakat yang belum memiliki rumah. “Banyak sekali rakyat Indonesia yang belum punya rumah. Ini harus dikerjakan masif dan bergotong royong,” terang Maruarar alias Ara.

Dirinya kembali mengungkapkan bahwa pemerintah akan mendorong semua pihak (stakeholder) untuk menyediakan rumah demi mengatasi backlog perumahan yang selama ini jadi masalah klasik di sektor ini.

“Saya akan mendorong pengusaha swasta, developer, pengusaha di bidang lainnnya untuk bersama, berlomba, bergotong royong. Misalnya ada lahan di BUMN, TNI bisa dibantu dengan temen-temen dari swasta,” imbuhnya.

Maruarar Sirait, yang dikenal dengan nama Ara, lahir di Medan pada 23 Desember 1969, dan berasal dari keluarga politik. Ia mulai kariernya sebagai aktivis di Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) di Bandung. Ara kemudian terjun ke dunia politik pada tahun 1999 dengan bergabung di PDI-P, di mana ia berkarier sebagai anggota DPR selama empat periode, khususnya di Komisi XI yang membidangi keuangan dan pembangunan nasional. Selain karir politiknya, ia juga pernah menjabat sebagai Komisaris Utama PT Potenza Sinergi.

Pada tahun 2024, Maruarar Sirait dipercaya sebagai Menteri Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam kabinet Presiden Prabowo Subianto. Dengan pengalaman panjangnya di politik, Ara dipandang memiliki kemampuan untuk memimpin kementerian yang berfokus pada pengembangan perumahan dan permukiman, dengan visi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui proyek-proyek pembangunan strategis.

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button