News

Sukses Gelar Event Nasional KJI dan KBGI, UNWAR Juara Terfavorit Model Bangunan Gedung

Kami berharap melalui kegiatan ini terbangun suatu komunikasi antar perguruan tinggi, khususnya dibidang keteknikan.

Konstruksi Media – Universitas Warmadewa (UNWAR) ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) dan Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) yang diinisiasi oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 4 hari di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Kamis (10/10/24) malam. Dalam kompetisi ini tim dari Universitas Warmadewa berhasil meraih Juara Expo Terfavorit Kategori Klasifikasi Model Bangunan Gedung.

Tak hanya itu, kegiatan ini juga diikuti perguruan tinggi baik swasta maupun negeri seluruh Indonesia. Di mana, dalam kompetisi ini juga Institut Teknologi Bandung berhasil meraih Juara Umum KJI dan membawa pulang piala bergilir. Pun demikian, Universitas Negeri Yogyakarta juga berhasil menjadi Juara Umum Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia  alias KBGI.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset, dan Pengabdian Masyarakat, Dr. dr. Dewa Ayu Putri Sri Masyeni, Sp.PD-KPTI., mengatakan seluruh finalis, baik 18 perguruan tinggi finalis KJI dan 16 perguruan tinggi finalis KBGI begitu antusias mengikuti kompetisi selama 4 hari di Unwar. “Pelaksanaan event ini telah berjalan lancar dan tanpa ada suatu kendala,” ujarnya.

Untuk itu, dirinya berharap ke depan UNWAR terus mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan event bertaraf nasional bahkan internasional. “Hal ini penting sebagai poin untuk mempertahankan bahkan meningkatkan akreditasi institusi yang saat ini sudah terakreditasi Unggul ke akreditasi internasional,” jelas Dewa Ayu.

Sementara, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Prof. Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., menyampaikan terima kasih kepada Pusat Prestasi Nasional dan Balai Pengembangan Talenta Indonesia karena telah memberikan kepercayaan kepada Fakultas Teknik dan Perencanaan Unwar sebagai tuan rumah event nasional KJI dan KGBI.

Dirinya merasa bangga karena dua (2) event nasional telah berhasil digelar dengan baik selama 4 hari di UNWAR.

Melalui event ini, diakui Unwar memiliki fasilitas alat ukur pergeseran gedung yang sangat membantu tim juri untuk melakukan penilaian. Ini bagian dari fasilitas yang disiapkan Unwar. “Kami berharap melalui kegiatan ini terbangun suatu komunikasi antar perguruan tinggi, khususnya dibidang keteknikan,” jelas Oka Wisnumurti.

“Yang terpenting khusus bagi mahasiswa Warmadewa mendapat pembelajaran yang luar biasa bagaimana teknik dan strategi untuk menyusun, mengadakan, merakit bangunan-bangunan yang levelnya sampai 10 tingkat dan juga jembatan. Sebagai proses pembelajaran tentu saja ini tidak bisa secara langsung didapatkan dibangku perkuliahan,” sambung Oka Wisnumurti.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Pusat Prestasi Nasional, Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si., mengucapkan terima kasih kepada UNWAR telah mampu melaksanakan event KJI ke-19 dan KBGI ke-15 tahun 2024.

Ia juga mengatakan para mahasiswa UNWAR, peserta, dan pengunjung terlihat sangat antusias mengikuti event ini. Ia menambahkan, sejak ditetapkan menjadi tuan rumah, UNWAR telah melakukan persiapan, komunikasi, dan koordinasi sangat baik sehingga kegiatannya berjalan dengan lancar. Begitu juga dengan sarana prasarana lomba yang disiapkan tersedia dengan baik dan lengkap.

“Besar harapan nanti alat-alat yang sudah dibuat itu bisa digunakan juga untuk pembelajaran mahasiswa Warmadewa di labnya,” harapnya.

Hadir dilokasi, Staf Ahli Gubernur Bali Ir. I Made Sudarsana, M.Si., mewakili Pj. Gubernur Bali, mengapresiasi pelaksanaan KJI dan KBGI telah berjalan lancar di UNWAR.

Menurut dia, event ini sangat positif bagi perkembangan ilmu pengetahuan dibidang teknik sipil dan juga pengembangan SDM Bali yang unggul. Terutama bagaimana teknik-teknik merancang bangunan maupun jembatan yang tahan terhadap gempa dan bencana alam lainnya. Pemprov Bali pun bangga karena Unwar yang merupakan perguruan tinggi swasta di Bali mampu melaksanakan event nasional ini.

“UNWAR sudah sangat layak (menggelar event nasional), karena Warmadewa selama ini sudah memiliki kompetensi yang memadai, baik dari laboratoriumnya, memiliki SDM yang profesional. Karena justru perguruan tinggi swasta seperti Warmadewa yang mampu menyelenggarakan event nasional ini,” tutupnya menandaskan.

Berikut juara Kompetisi Jembatan Indonesia (KJI) ke-19 :

– Juara I Jembatan Model Plengkung: Universitas Negeri Malang

– Juara II Jembatan Model Rangka Baja: Institut Teknologi Bandung

– Juara II Jembatan Model Plengkung: Universitas Brawijaya

– Juara II Jembatan Model Rangka Baja: Politeknik Negeri Jakarta

– Juara III Jembatan Model Plengkung: Universitas Udayana

– Juara III Jembatan Model Rangka Baja: Universitas Jember

Berikut juara Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia (KBGI) ke-15 :

– Juara I Model Bangunan Gedung Baja: Universitas Negeri Yogyakarta

– Juara I Model Bangunan Gedung Beton Pracetak: Universitas Negeri Yogyakarta

– Juara II Model Bangunan Gedung Baja: Institut Teknologi Sepuluh Nopember

– Juara II Model Bangunan Gedung Beton Pracetak: Politeknik Negeri Pontianak

– Juara III Model Bangunan Gedung Baja: Politeknik Negeri Malang

– Juara III Model Bangunan Gedung Beton Pracetak: Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button