Profil

3 Dekade Pebsteel, Fokus di Industri Baja Pre-Engineered

Kami menganalogikan Pebsteel itu seperti (penjahit baju) lebih body fit, bukan ukuran jadi.

Konstruksi Media – Pebsteel telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin dalam industri bangunan baja pre-engineered dengan mengedepankan inovasi, teknologi canggih, dan komitmen terhadap kualitas.

Tahun 2024 menandai tonggak bersejarah bagi PEB Steel Buildings Co. Ltd, (Pebsteel) yang merayakan HUT ke-30 tahun atas dedikasi, inovasi, dan kepemimpinan dalam industri baja pre-engineered di Asia Tenggara dan sekitarnya.

Business Development Pebsteel, Tommy Ferdiyanto dalam bincang-bincang dengan Konstruksi Media beberapa waktu lalu mengatakan sejak didirikan pada tahun 1994 lalu, Pebsteel telah berkembang dari sebuah perusahaan yang fokus pada pasar lokal menjadi pemain global yang diakui, dengan proyek-proyek di berbagai negara dan sektor.

“Tentunya, perjalanan tiga dekade ini dipenuhi dengan pencapaian, inovasi teknologi, dan komitmen terhadap kualitas yang telah memperkokoh posisi Pebsteel sebagai pelopor dalam industri ini,” kata Tommy sebagaimana dimuat dalam Majalah Konstruksi Media edisi XIII/September 2024.

Dia menambahkan, Pebsteel telah membuktikan dirinya sebagai pemimpin dalam industri bangunan baja pre-engineered dengan mengedepankan inovasi, teknologi canggih, dan komitmen terhadap kualitas.

“Dengan pencapaian yang signifikan dan rekam jejak yang kuat, Pebsteel terus memperkuat posisinya di pasar global, menawarkan solusi konstruksi yang andal, efisien, dan berkelanjutan,” terang Tommy.

Dirinya menyatakan, masa depan Pebsteel tampak cerah, dengan rencana untuk terus mendorong batasan industri dan menciptakan lebih banyak inovasi yang akan mengubah wajah konstruksi baja di seluruh dunia.

“Kami menganalogikan Pebsteel itu seperti [penjahit baju] lebih body fit, bukan ukuran jadi seperti S,M,L,X dan lainnya. Body fit itu nyaman digunakan, tidak kebesaran dan tidak kekecilan,” ungkap Tommy mengibaratkan.

Dijelaskan olehnya, penggunaan baja di dalam proyek konstruksi itu diukur dan dihitung untuk kebutuhannya menggunakan teknologi termutakhir, sehingga lebih efisien penggunaannya.

“Peran kita sebenarnya mengoptimalisasikan desain dan materialnya,” jelas Tommy.

Selama 30 tahun berdiri, Pebsteel memiliki 7 pabrik (factory) untuk mendukung produksi dan distribusi bangunan baja pre-Pebsteel memiliki total 7 pabrik: 6 pabrik di Vietnam (Dong Xuyen Industrial Park, Vung Tau City) dan 1 pabrik di Myanmar.

Sebagaimana diketahui, pabrik di Vietnam merupakan salah satu yang terbesar Pebsteel, dengan kapasitas produksi yang signifikan. Pabrik ini memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan regional dan internasional. Pabrik di Vietnam ini juga fokus pada produksi struktur baja dengan teknologi canggih dan quality control yang sangat ketat.

Pabrik selanjutnya berlokasi di Myanmar. Pabrik ini untuk mendukung ekspansi perusahaan di pasar Asia tenggara, dan melayani proyek-proyek lokal dan regional.

“Total kita (Pebsteel) punya 7 factory, 6 pabrik di Vietnam (Dong Xuyen Industrial Park, Vung Tau City), dan 1 pabrik di Myanmar. Dengan pabrik-pabrik ini, kami memenugi kebutuhan pasar global untuk menawarkan solusi bangunan baja berkualitas tinggi,” ujarnya.

“Sistem fabrikasi kita se perti Lego ketika di lokasi proyek tinggal melakukan pemasangan, tanpa harus melakukan pekerjaan pemotongan, dan lainnya. Semua kita kerjakan di pabrik, sehingga ini sangat menghemat waktu pengerjaan, material hinggal cost,” tuturnya mengatakan.

Proyek Tanah Air

Pebsteel berdiri di Indonesia sejak 2011 dan proyek pertama Pebsteel di Indonesia pada tahun 2012. Hingga 2024 Pebsteel telah banyak mengerjakan berbagai proyek di Indonesia mencakup berbagai sektor industri.

Tak hanya di Indonesia, di berbagai negara Pebsteel juga banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan pabrik para klien. Adapun proyek pembangunan di Indonesia, meliputi Pabrik dan gudang industri milik salah satu perusahaan Tbk.

Dalam pembangunan fasilitas produksi dan gudang di Indonesia memerlukan struktur baja yang kuat dan tahan lama untuk mendukung operasi manufaktur dan penyimpanan dalam skala besar.

Selanjutnya, fasilitas pabrik otomotif dengan desain struktur baja yang mampu menahan beban berat dan mendukung operasional yang kompleks. Selanjutnya, pusat gudang logistik dan distribusi, juga proyek infrastruktur komersial seperti mal dan pusat perbelanjaan, hingga fasilitas penunjang industri energi.

“Satu lagi saat ini kami sedang menangani pembangunan kosan hotel 8 lantai yang berlokasi di Indonesia. Ini adalah proyek pertama Pebsteel di Indonesia yang membangun residensial setinggi 8 lantai. Tantangan untuk instalasi dengan space di tengah pemukiman, tetapi Pebsteel bisa mengerjakan konstruksi ini dengan baik,” tutupnya.

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button