News

Konferensi Internasional TUNNEL 2024 di Bandung Resmi Dibuka

Terowongan berpotensi untuk meningkatkan konektivitas dan meningkatkan standar hidup pada tingkat yang berkualitas.

Bandung, Konstruksi Media – Konferensi Internasional Terowongan dan Ruang Bawah Tanah untuk Pembangunan Berkelanjutan atau Tunnel 2024 resmi dibuka di Hotel Holiday Inn, Bandung, Kamis (3 Oktober 2024). 

Konferensi ini dihadiri para pembicara kunci dan para ahli/pakar di bidangnya, akademisi, para engineer, ITA-AITES, penyedia jasa baik supplier material, konsultan perencanaan, maupun kontraktor yang selama ini telah berpengalaman dalam konstruksi terowongan, dan para peserta lainnya dari berbagai negara. Pembukaan acara ini berjalan meriah dengan diselingi berbagai tarian tradisional.

Saat membuka Konferensi Internasional Tunnel 2024, Chairman of Tunnel 2024 Prof Paulus P. Rahardjo menyampaikan bahwa konferensi ini didukung oleh Himpunan Ahli Teknik Tanah Indonesia (HATTI), Himpunan Ahli Konstruksi Indonesia (HAKI), Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI), Masyarakat Geologi Teknik Indonesia (MGTI), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada semua anggota komite [Tunnel 2024] atas kerja keras dan dedikasi mereka yang tak ada habisnya. Saya harus mengakui bahwa mereka adalah orang-orang di balik semua ini, karena tanpa mereka, acara ini tidak akan terwujud,” tutur Prof. Paulus saat membuka Konferensi Internasional Tunnel 2024, Kamis (3/10/2024).

Dia berharap agar semua peserta konferensi ini mendapatkan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang bermanfaat, terutama terkait dengan terowongan dan ruang bawah tanah.

Prof. Ramli Nazir, Co-Chairman of Tunnel 2024, menyambut kehadiran seluruh peserta Konferensi Internasional Tunnel 2024. “Selamat datang di Konferensi Internasional Tunnel 2024.”

Dia merasa bangga dapat bergabung bersama seluruh peserta Tunnel 2024 sebagai bagian dari perjalanan ilmu pengetahuan dan inovasi yang menarik.

“Hal ini memungkinkan untuk menunjukkan pentingnya pembangunan infrastruktur dalam lingkungan kita yang berubah dengan cepat. Terowongan berpotensi untuk meningkatkan konektivitas dan meningkatkan standar hidup pada tingkat yang berkualitas. Semua tujuan untuk mengapresiasi perkembangan terbaru dalam rekayasa terowongan, teknologi, dan metode ramah lingkungan,” kata Prof. Ramli.

Menurutnya, konferensi akan memberikan pengalaman dan pengetahuan dari para pembicara dan panelis. “Konferensi ini bertujuan untuk menginspirasi para peneliti dan engineer masa depan untuk mempromosikan kolaborasi dan berbagi pengetahuan. Kami mengundang Anda untuk berpartisipasi penuh dalam diskusi, mengajukan pertanyaan, dan menciptakan hubungan go beyond this boundary,” katanya.

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Chairman of Tunnel 2024 Prof. Paulus Rahardjo yang berhasil menyelenggarakan acara ini dengan baik. “Mari kita rangkul semangat kreativitas dan kekuatan untuk berbagi saat kita melangkah. Kita dapat menciptakan masa depan yang lebih menjanjikan dan saling terhubung melalui kerja sama dan kolaborasi dengan semua pihak. Terima kasih banyak dan selamat datang di Tunnel 2024,” tutur Prof. Ramli.

Sementara itu, President of International Tunnelling and Underground Space Association (ITA) Prof. Arnold Dix juga hadir dalam konferensi ini. Dalam sambutannya, Prof. Arnold menyampaikan bahwa ITA mewakili 81 negara anggota ITA dan sekitar 150.000 rekan-rekan di bidang tunnel lainnya yang tergabung dalam ITA-AITES dalam acara Tunnel 2024 di Bandung ini.

“Ini adalah aspirasi masyarakat kita di seluruh dunia untuk hidup di satu planet yang selaras satu sama lain, dengan dunia yang kita bagi, udara, air, dan sumber daya. Dan saya mendapat kehormatan untuk berbicara dalam perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Dan Anda tahu, saya adalah seorang pemimpi,” ucap Prof. Arnold.

Dia juga menyampaikan terima kasih sudah mengundang International Tunneling and Underground Space Association (ITA-AITES) ke dalam acara ini. 

“Merupakan kehormatan bagi saya untuk berada di sini bersama dewan eksekutif ITA, para ahli lainnya. Kami berharap agar dapat berbagi ide dan pengetahuan penuh kebahagiaan, senyuman, dan aspirasi dengan Anda semua dalam perjalanan, kita bersama dalam satu jalan untuk membangun secara berkelanjutan, membuat kehidupan masyarakat kita dan semua organisme lainnya menjadi lebih baik,” tegas Prof. Arnold.

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button