News

Melalui ECIF 2024, UI Sediakan Peluang Karier bagi Alumni

Melalui ECIF, mahasiswa dan alumni dapat memanfaatkan peluang karier yang tersedia, dan perusahaan peserta dapat menemukan talenta unggul.

Konstruksi Media — Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) kembali menyelenggarakan kegiatan Engineering Career and Internship Fair (ECIF) 2024.

ECIF merupakan sebuah pameran karier dan beasiswa tahunan yang diadakan oleh Career Development Center (CDC) FTUI. ECIF 2024 berlangsung pada 26–27 Agustus 2024 secara hybrid, menggabungkan pameran fisik di Taman Rotunda FTUI dengan pameran daring melalui platform ecif.eng.ui.ac.id yang dibuka sejak 19 Agustus hingga 19 September 2024.

Dengan menghadirkan 23 perusahaan dan lembaga terkemuka, baik nasional maupun multinasional, ECIF 2024 menjadi wadah bagi mahasiswa dan alumni FTUI untuk menjelajahi 

peluang karier, magang, serta informasi beasiswa. ECIF 2024 menghadirkan perusahaan nasional maupun multinasional serta lembaga beasiswa di antara lain, PT Bank Syariah Indonesia Tbk PT CIBA VISION Batam; Paragon Corp; PT Sayap Mas Utama (WINGS Group); PT SUCOFINDO; PT ABB Sakti Industri; PT Huawei Tech Investment; PT Kilang Pertamina Internasional; PT Astra Honda Motor; Contact Taiwan; Human Resocia Co., Ltd; PT Badak NGL dan Campus France.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, menyampaikan, ECIF merupakan wujud nyata komitmen kami untuk menyiapkan mahasiswa dan alumni menghadapi dunia kerja yang kompetitif. 

“Melalui acara ini, kami memberikan akses ke peluang karier terbaik dan menjembatani mahasiswa dengan perusahaan terkemuka, baik di tingkat nasional maupun internasional. Penyelenggaraan ECIF juga mencerminkan upaya kami dalam mendukung karier mahasiswa dan alumni,” ungkapnya.

Sementara, Human Resources Business Partner, PT Ciba Vision Batam (Alcon), Esther Silitonga, juga membagikan tanggapannya terkait acara Engineering Network dan ECIF 2024, 

“Antusiasme dalam acara Engineering Network dan ECIF luar biasa. Khususnya pada kegiatan ECIF, para mahasiswa dan alumni banyak sekali yang ingin mengetahui berbagai kesempatan karier di PT Ciba Vision Batam (Alcon). Kami berharap pada kesempatan Engineering Network dan ECIF ini memperluas berbagai kesempatan kerja sama antara PT Ciba Vision Batam (Alcon) dan FTUI,” imbuhnya.

Dengan format hybrid, ECIF 2024 memberikan akses yang lebih luas kepada para peserta, baik secara fisik maupun daring. Pameran fisik digelar di Taman Rotunda FTUI pada 26–27 Agustus 2024, sementara pameran daring dapat diakses melalui kanal khusus yang telah dibuka sejak 19 Agustus. Hal ini memungkinkan mahasiswa dan alumni untuk tetap terhubung dengan dunia industri di tengah keterbatasan jarak dan waktu.

ECIF 2024 merupakan bagian dari upaya FTUI untuk mempersiapkan mahasiswa dan lulusannya menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif. Acara ini tidak hanya memberikan informasi terkait lowongan pekerjaan dan magang, tetapi juga menjadi platform bagi perusahaan untuk menemukan talenta-talenta terbaik dari FTUI.

FTUI berharap melalui ECIF, mahasiswa dan alumni dapat memanfaatkan peluang karier yang tersedia, dan perusahaan peserta dapat menemukan talenta unggul yang mampu berkontribusi dalam pengembangan industri di masa mendatang.

Baca Juga :

Artikel Terkait

Back to top button