News

Unhas Ambil Sumpah 483 Insinyur Lulusan PPI

Unhas tercatat sebagai perguruan tinggi terbanyak di Indonesia dalam meluluskan insinyur lewat Program Profesi Insinyur (PPI). Hingga kini Unhas telah meluluskan 3.000 insinyur.

Konstruksi Media, Makassar – Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali melakukan pengambilan sumpah terhadap lulusan insinyur Program Profesi Insinyur (PPI). Kali ini Unhas mengambil penyumpahan terhaddap 483 insinyur.

Pengambilan sumpah dilakukan di Hotel Four Point Makassar, Senin (8/7/2024) malam. Ke-483 insinyur kali ini merupakan lulusan angkatan XIII Program Profesi Insinyur (PPI) Unhas yang berasal dari seluruh Indonesia dan terdiri atas pegawai industri, BUMN, BPK, dan instansi Perguruan Tinggi.

Berdasarkan data, PPI Unhas telah meraih penghargaan dari PII (Persatuan Insinyur Indonesia) sebagai Perguruan Tinggi menghasilkan lulusan terbanyak di Indonesia. Hingga saat ini Unhas telah meluluskan lebih dari 3000 insinyur.

Acara pengambilan sumpah dihadiri oleh Rektor Universitas Hasanuddin Prof Dr Ir Jamaluddin Jompa, MSc, Dekan Fakultas Teknik Unhas Prof Dr Eng Ir Muhammad Isran Ramli, ST, MT, AER, Ketua PII yang diwakili oleh Ir Habibie Razak, APEC Eng, CPEng, FIEAust, EngExec, IntPE (Aus) sebagai Direktur Eksekutif PII.

Ketua IKATEK Unhas sekaligus Direktur Utama PT Indah Karya (Persero) Ir Muhammad Sapri Andi Pamulu, Ph.D, segenap Dosen PPI, pengurus PII Wilayah Sulsel, dan seluruh peserta pengambilan sumpah hadir secara langsung.

Penyumpahan lulusan secara simbolis dilakukan oleh Dekan dan Ketua IKATEK sekaligus penyerahan data alumni Fakultas Teknik Unhas.

Ketua PPI Dr Eng Ilham Bakri, ST, MT, AER pada sambutannya menyampaikan bahwa semester depan menjadi semester akhir untuk jalur RPL (REKOGNISI PENGALAMAN KERJA). Untuk selanjutnya program PPI seluruhnya akan dilakukan melalui jalur reguler dua semester, sesuai aturan.

Rektor sekaligus Ketua Wilayah PII Sulsel berharap Insinyur Indonesia bisa melahirkan karya-karya terbaik dan memecahkan masalah bangsa secara tepat profesional.

Sementara Direktur Eksekutif PII dalam sambutan menyampaikan harapan Ketua PII dan memaparkan sejumlah pencapaian PPI pada periode kepengurusan saat ini seperti peningkatan jumlah anggota, peran insinyur di masa digitalisasi, pengembangan benchmarking di sejumlah negara, dan sertifikasi insinyur tingkat ASEAN, ASIA PASIFIK untuk memberi kesempatan dan peluang kepada para insinyur Indonesia berkompetensi di luar negeri. (*/Hasanuddin)

Artikel Terkait

Back to top button