News

Musporv X, Selamat Afmi Yarsi Jadi Ketua INKINDO Sumbar

Mimiliki visi mewujudkan konsultan daerah yang memiliki integritas, profesional, inovatif, dan berdaya saing di negeri sendiri.

Konstruksi Media – Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (INKINDO) DPP Sumatera Barat telah menggelar Musyawarah Provinsi ke-X periode 2022-2026 yang berlangsung di Hotel Truntum Padang, Sumatera Barat, beberapa waktu lalu.

Dalam Musprov INKINDO Sumatera Barat tersebut, Ir. H. Afmi Yarsi, MT, IAI mendapatkan 36 suara dari 90 suara dan terpilih menjadi Ketua INKINDO Sumatera Barat untuk Periode 2022-2026.

Akrab disapa Afmi, ia mengungkapkan pencalonan dirinya sebagai ketua INKINDO merupakan niat untuk mewujudkan konsultan daerah yang memiliki integritas, profesional, inovatif, dan berdaya saing serta menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Prinsip itu dijadikan sebagai visi untuk pembangunan INKINDO kedepannya, yang akan menjadi lebih berintegrasi.

“INKINDO adalah kita, dari daerah untuk nasional, daerah hebat nasional kuat,” ungkap Afmi dalam sambutannya, (31/5/2022).

Adapun  salah satu misinya yakni melakukan peningkatan kapasitas dan profesioanalisme anggota agar lebih beradaya saing (melalui pelatihan peningkatan kapasitas anggota/capacity building).

Baca Juga : Zulkifli Lubis Kembali Terpilih Jadi Ketua INKINDO Jambi 2022-2026

Ia melanjutkan, melakukan percepatan, penguatan, penyebaran, sosialisasi, regulasi dan mendorong perubahan regulasi dalam sistem pengadaan barang dan jasa khususnya konsultansi, yang memberikan ruang kepada konsultan daerah untuk menjadi tuan di daerah sendiri. Menggugah keberpihakan PEMDA terhadap konsultan daerah/lokal.

Selain itu, lanjutnya, penguatan advokasi dan mediasi anggota dan kejasama antar lemabaga pemerintahan dan penegak hukum, serta peningkatan kerja sama dengan Mitra /Vendor yang berkelajutan.

Musprov X INKINDO Sumbar. Dok. Ist

Dirinya memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi anggota INKINDO Sumbar untuk dapat mengambil bagian dalam pembangunan di daerah, khususnya di wilayah Sumatera Barat.

“Perubahan itu bukan saja pada tataran ungkapan semata, tetapi mesti dapat diwujudkan dalam kenyataan. Transparansi atau keterbukaan dalam mengelola organisasi itu penting, hal mana agar anggota dapat mengetahui kinerja pengurus dan upaya apa saja yang telah dilakukan oleh organisasi dalam menjalankan amanat anggota,” tuturnya.

Untuk itu, dirinya mengajak semua anggota INKINDO Sumbar dalam menjalankan organisasi bersama-sama secara kolegial, karena dengan kebersamaan tentu segala beban akan terasa lebih ringan.

Pepatah lama mengatakan “Barek samo dipikuah, Ringan samo dijinjiang” (Berat Sama Dipikul, Ringan Sama Dijinjing).

“Saran dan masukan selalu akan saya harapkan, bukan hanya dari sesama pengurus, tetapi juga dari para anggota. Organisasi yang baik tidak tergantung kepada individu, melainkan tergantung kepada nilai-nilai kolektif, sinergisitas, kolaborasi dan keterbukaan yang lebih mengutamakan kepentingan anggota,” ungkapnya menjelaskan.

“Segenap prinsipnya INKINDO sebagai organisasi sedapatnya kita kelola dengan prinsip kolektif, sehingga partisipasi aktif dari segenap elemen organisasi termasuk para anggota senantiasa kita harapkan,” tutupnya.

Sekretaris Jenderal INKINDO Pusat, Erie Heryadi. Dok. Ist

Sementara, Sekretaris Jenderal INKINDO Pusat, Erie Heryadi berharap ketua yangbaru dapat menghasilkan program-program yang baik dalam empat (4) tahun kedepan.

“INKINDO Sumbar bisa memiliki ketua yang memang terbaik untuk INKINDO Sumbar. Secara keseluruhan harus kompak, solid sehingga bisa bekerja optimal,” tuturnya.

Profil Afmi Yarsi Ketua INKINDO Sumatera Barat

Afmi Yarsi pria kelahiran asli kelahiran Payakumbuh, Sumatera Barat, 4 September 1974. Ia pernah menempuh pendidikan S1 di Universitas Bung Hatta pada tahun 1998 bidang Arsitektur, dan melanjutkan ke jenjang S2 pada 2020 dalam bidang yang sama.

Kemudian, ia melanjutkan pendidikan hingga mendapat gelar S3 jurusan Arsitektur di UITM Perak Malaysia dari 2021 sampai sekarang.

Pada 2007, Afmi terdaftar sebagai anggota INKINDO Sumbar, dan juga aktif diberbagai organiasi salah satunya yakni Ikatan Arsitek Indonesia Sumbar 1998.

Pada 2018-2022 dia menjabat menjadi Wakil Ketua Bidang II DPP INKINDO Sumbar. Lalu sebelumnya pada 2014-2018 Afmi menjabat sebagai Wakil Sekretaris DPP INKINDO Sumbar.

Baca Artikel Selanjutnya :

Artikel Terkait

Leave a Reply

Back to top button